Tentang Kandang Ayam Kampung Asli

Kandang ayam kampung adalah persaratan utama menyangkut masalah keamanan dan kesehatan ternak ayam kampung asli. Semakin baik dan bersih kandang ayam akan semakin baik dan optimal pula ternak ayam kampung kita. Kandang merupakan biaya terbesar kedua setelah feed atau pakan ayam. Jadi di sini akan saya jabarkan tentang kandang ayam kampung asli

Ciri-ciri kandang yang baik
1. Aman
Kandang yang aman memastikan ayam hidup dengan tenang dan bebas gangguan. Ayam akan berkembang dan tumbuh sebagai mana layaknya hidup dengan bebas. Kandang ayam yang tidak aman akan mengakibatkan ayam menjadi stress dan mudah terkena gangguan.
2. Bersih
Kandang tidak harus bagus asal dikelola dengan benar, rutin, dan harus dijaga kebersihannya. Kandang yang kurang bersih akan mengakibatkan ayam kurang nafsu makan, dan jika ini terus dibiarkan, ayam menjadi rentan terhadap penyakit. Ingat penyakit ayam banyak ditularkan melalui udara.
3. Nyaman
Nyaman berarti kandang ayam yang disetting atau dibuat menyerupai alam bebas ayam. Dengan kata lain walau ayam dikurung berada di dalam kandang, ayam akan merasa nyaman dan produksi daging dan telur akan meningkat. Nyaman juga berarti pengaturan suhu, kelembaban, bebas gangguan dll.
4. Kebutuhan
Kandang juga memerlukan manajemen atau pengaturan melalui bahan yang akan dipakai untuk perkandangan. Kandang yang baik haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang kita miliki. Semakin murah dan awet semakin besar keuntungan yang kita peroleh.
0 Comments for "Tentang Kandang Ayam Kampung Asli"

Back To Top